Tuesday, April 14, 2009

Waktu Afdal, Tatacara & Keutamaan Sholat Dhuha (shodaqoh 360 sendi)

Tatacara

Waktu
Setelah matahari mulai meninggi dan berakhirnya waktu dimakruhkannya hingga menjelang tergelincir mtahari selagi belum masuk waktu larangan (matahari tepat di atas kepala, menurut jumhur ulama. Untuk mudahnya: Dimulai sekitar seperempat jam sejak terbit matahari. Waktu Afdalnya: diakhirkan pada saat matahari mulai penas menyengat (”ini adalah sholat awwabin, ketika anak-anak unta mulai kepanasan (Dhuha)” (dari Zaid bin Arqam. HR: Muslim dan Ahmad: Shohih)


Jumlah Rakaat
 Paling banyak 8 rakaat (Hadits Ummu Hani’: Shohih) - Tanpa batas (Hadits Mua’dzah diriwayatkatn Muslim : Shohih)

Tata cara
Sama seperti sholat fardlu. Disunatkan membaca surat Ad Duha dan Asy Syam

Keutamaan

  1. ”Setiap persendian salah seorang dari kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Seteiap tasbih sedekah, setiap tahmid sedekah, setiap tahlil sedekh, setiap takbir sedekah, setiap amar ma’ruf sedekah, dan setiap nahi munkar sedekah. Dan dua rakaat Dhuha sudah cukup untuk menggantikan semua itu”. (Hadits dari Abu Dzar ra. HR. Muslim, Ahmad, dan Abu Dawud: Shohih) 
  2.  "Dalam tubuh manusia ada 360 persendian dan dia wajib mengeluarkan sedekah untuk tiap persendiannya” lalu mereka bertanya,”Siapa yang sanggup wahai rasulullah?”. beliau menjawab,”ludah dalam masjid yang dipendamnya, atau sesuatu yang disingkirknya dari jal. Jika ia tidak mampu maka dua rakaat Dhuha sudah mencukupinya”. (dari Buraidah, Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ahmad: Shohih) 
  3.   ”Hai bani Adam, rukuklah beberapa rakaat pada awal hari, niscaya aku mencukupimu pada akhir hari” (hadits dari Zabir bin Nufair dari Abud Darda, dan Abud Dzar. HR. Tirmidzi diperkuat hadits dari Nu’aim bin Hammar diriwayatkan oleh Abu Dawud: Shohih) 
  4.   Dari Abdullah bin Amr, ia mengatakan, Rasulullah SAW mengutus pasukan exspedisi. Lalu beliau bersabda ”Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang lebih dekat tempat pertempurannya daripada mereka, lebih banyak mendapatkan harta rammpasan dan lebih cepat kembali? Barangsiapa berwudlu kemudian datang ke masjid untuk mengerjakan sholat Dhuha, maka dia lebih dekat tempat pertempurannya daripada mereka, lebih banyak mendapatkan harta rammpasan dan lebih cepat kembali (Di shohihkan oleh Al Albani)
Baca Juga:
  1. Cara dan Bacaan Sujud Syahwi 
  2. Sholat Tahajud dari sisi Medis 
  3. Keutamaan Tahajud 
  4. Yang boleh menjamak Sholat 
  5. Sholat kusyu dan syarat syah Sholat 
  6. Rukun dan Bacaan Sholat

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com