Saturday, May 16, 2009

Perawatan Payudara (Puting Susu) Bentuk, Kencang dan Bengkak, Cara Menyusui (setelah melahirkan/ kolostrum/ASI)

Beberapa hari setelah melahirkan, payudara ibu akan terus mengalirkan cairan kuning (kolostrum), sebelum ASI terbentuk. Kolostrum ini penting karena memberikan nutrisi bagi bayi pada usia tersebut. Produksi ASI baru dimulai pada hari ke dua hingga ke lima, yang ditandai dengan payudara terasa kencang dan tidak nyaman.
Untuk menghindari pembengkakan, susukan bayi sesegera mungkin setelah lahir dan sesering mungkin. Perawatan Payudara Puting payudara harus dijga bersih dan kering. Usahakan puting kering terkena udara setiap habis menyusui. Agar puting tidak sakit, posisi bayi dan perlekatan mulut bayi harus benar. Sebaiknya usapkan tetesan ASI ke puting sebelum dan sesudah menyusui agar puting selalu terjaga sehat selama periode menyusui.

Perubahan Payudara
Selama beberapa hari, bentuk payudara kurang lebih akan sama dengan sebelum kelahiran. Namun saat ASI mulai diproduksi maka ukuran pyudara akan membesar dan perlu ditopang dengan BH yang tepat agar terasa nyaman.

Perawatan Puting Susu

  1. Puting Susu Menonjol (7,5 bulanan) - kedua puting dikompres dengan kapas yang telah dibasahi minyak selama 5 menit, agar kotoran di sekitar puting mudah terangkat. - Ibu jari dan telunjuk diolesi dengan minyak, kemudian diletakkan pada kedua puting susu. Lakukan gerakan memutar ke arah dalam selama 30 kali putaran untuk meningkatkan elastisitas otot puting susu. - Gunakan handuk yang kasar setiap kali membersihkan payudara, agar otot payudara menjadi kuat 
  2. Puting Susu datar atau Masuk - kedua ibu jari diletakkan di sebelah kiri dan kanan puting susu, kemudian secara perlahan-lahan ditekan serta dihentakkan ke arah luar menjauhi puting susu. - Kedua ibu jari diletakkan di atas dan bawah puting susu, kemudian secara perlahan-lahan ditekan serta dihentakkan ke arah luar menjauhi puting susu. 
  3. Anjuran - Pakailah BH yang dapat menyokong payudara dengan baik - Lakukan pemijatan payudara dua kali sehari secara teratur - Baby oil dapat dituangkan lagi ke telapak tangan jika terasa kesat. Sumber RSI Hidayatullah, Yogya

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com