Wednesday, December 23, 2009

Sholat Sunah Sebelum Sholat Jum'at

Melakukan shalat sunnah sebelum shalat Jum'at memang ada dalilnya. Bahkan derajat haditsnya pun dikatakan sebagian ulama berderajat shahih.
Dari Ibni Umar ra. bahwa Rasulullah SAW melakukan shalat sunnah sebelum Jumat dengan panjang. Dan melakukan shalat sunnah 2 rakaat sesudah shalat Jumat. Dan disebutkan bahwa Rasulullah SAW melakukan itu. (HR Abu Daud)

Hadits Ibnu Umar ini disebutkan oleh Al-Iraqi punya isnad yang shahih. Hadits ini dalam bentuk yang berbeda juga diriwayatkan oleh Muslim, At-Tirmizy, An-Nasai, Ibnu Majah. An-Nasai meriyawatkan tanpa lafadz "memanjangkan shalat sebelum Jumat." Lihat Kitab Nailul Authar jilid 3 halaman 288.

Namun memang ada sebagian kalangan yang mengingkari adanya masyru'iyah shalat sunnah sebelum Jum'at. Bahkan mereka agak keterlaluan dalam mengingkarinya. Kalau kita telusuri latar belakang pengingkaran mereka atas hal itu, ternyata landasannya adalah bahwa dahulu Rasulullah SAW dianggap tidak pernah melakukannya. Sebab Rasulullah SAW itu adalah khatib Jumat dan beliau begitu tiba di masjid langsung naik mimbar untuk berkhutbah. Dan bila imam sudah datang maka shalat sunnah berhenti.

Namun para ulama terkemuka di masa lalu banyak yang justru melakukan shalat sunnah sebelum shalat Jumat. Di antaranya adalah Al-Imam Abu Hanifah, Al-Imam Malik, Al-Imam Asy-syafi'i rahimahumullah. Bahkan As-Syafi'i mengatakan bahwa shalat sunnat sebelum Jum'at itu tetap berlaku baik sebelum istiwa maupun sesudahnya (zawal) hingga imam datang.

silakan yang ingin mengoreksi...

Anonymous


1. Sholat jumat hanya dua orang di negeri muslim?
2. Keistimewaan hari jum'at dan kiamat
3. Lebih utama sholat tahiyatul masjid ataukah mendengarkan adzan?
4. Cara sholat gerhana

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com