Friday, July 29, 2011

Ciri-ciri Ayam Tiren/bangkai

Menjelang Ramadhan dan Lebaran biasanya konsumsi ayam meningkat pesatt. sayangnya sering kali kita tertipu dengan kebaradaan ayam Tiren/bangkai. berkaitan dengan hal tersebut.Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi, Jawa Barat, mengimbau masyarakat agar senantiasa mewaspadai terhadap peredaran bangkai ayam yang diperjualbelikan atau biasa diistilahkan ayam tiren (mati kemarin, red) di pasaran.

Kepala Bidang Peternakan DPKP Kota Sukabumi, Cecep Mansyur, menjelaskan, ciri-ciri ayam tiren adalah dagingnya beraroma agak amis, dagingnya berwarna kebiru-biruan, pucat dan tidak segar, pada leher potongan ayam terlihat tidak lebar.

"Juga terdapat bercak-bercak darah pada bagian kepala atau leher ayam, serta harganya lebih murah," katanya.
Sementara ciri-ciri daging ayam yang baik, yakni dagingnya segar, tidak bau, berwarna putih dan bersih, serta tidak terdapat bercak-bercak darah pada dagingnya. "Masyarakat harus memperhatikan kondisi ayam sebelum dibeli jika dilihat ada ciri-ciri seperti ayam tiren maka agar tidak membelinya, karena bisa mengganggu kesehatan apabila di konsumsi," jelas Cecep.

sumber: http://id.berita.yahoo.com/inilah-ciri-ciri-ayam-tiren-073859553.html

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com