Saturday, March 28, 2009

Tatacara Sholat (1): Rukun dan Bacaan dalam Sholat Fardlu

Rukun Sholat: Rukun-rukun di bawah ini harus dilakukan dalam sholat. Karena kalau salah satu saja dari beberapa rukun di bawah ini ditinggalkan maka sholatnya tidak syah.

  1. Niat Berniatlah untuk melakukan ibadah sholat karena Allah dan untuk mencari keridhaan-Nya
  2. Takbiratul ihram Membaca: “Allahu Akbar” Artinya: Allah Maha Besar
  3. Berdiri Setiap orang yang ingin melakukan sholat maka diwajibkan berdiri, kecuali orang-orang yang tidak mampu/ terlalu payah untuk berdiri. Kalau tidak mampu berdiri maka bisa dilakukan sambil duduk. Jika tidak mampu juga maka dilakukan sambil berbaring, dan jika masih tidak mampu juga, maka bisa dilakukan dengan Isyarat.
  4. Membaca Al Fatihah: Membaca: “Bismillaahirrahmaanirrahim Alhamdulillaahirabbil ‘aalamin. Arrahmaanirrahiim. Maalikiyaumiddiin. Iyyaakana’budu wa iyyaakanasta’iin. Ihdinashshiraathal mustaqiim. Shiraathalladziina an’amta ‘alaihim ghairilmaghdhluu bi ‘alaihim. Waladhldhlaalliin”. Artinya (tidak dibaca) Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai di hari Pembalasan. hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan. Tunjukilah Kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.
  5. Rukuk Yaitu: Membungkukkan badan, kedua telapak tangan memegang kedua lutut. Kedua kaki lurus. Antara badan dengan kaki membentuk sudut 90 derajat. Lalu tuma’ninah (berhenti sejenak)
  6. I’tidal Yaitu: bangkit dari rukuk dan berdiri tegak lalu tuma’ninah (berhenti sejenak)
  7. Sujud Yaitu: bersujud dengan menempelkan muka, dua telapak tangan, dua lutut, dan dua ujung telapak kaki di atas tanah (alas sholat)
  8. Duduk akhir sambil membaca Tasyahud Membaca: ”Attahiyatulillah wa shsholawatu wa ththoyyibah. Assalamualaika ayyuhannabiyyu warrahmatullahi wa barakatuh. Assalamualaina wa ’ala ’ibadillaahi shshoolihin. Asyhaduallaa illaaha illallah wa asysyhadu anna muhammadarrasulullah. Allaahumma sholli’ala muhammad wa ala aalii muhammad Kama sholaita ’ala ibraahim wa’ala aalii ibraahim wa baarik ’ala muhammad wa’ala aali muhammad Kama baaraktah ’ala ibrahim wa’ala aalii ibraahim. Innaka hamiidummajiid”
  9. Salam Membaca: ”assalaamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh”
Artikel Terkait
  1. Gambar Posisi Sholat 
  2. Tata cara Sholat Iftitah 
  3. Dosa Mengabaikan Sholat 
  4. Syarat Syah Sholat 
  5. Dzikir Sehabis Sholat

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com