Wednesday, March 24, 2010

Perubahan Waktu Shalat Subuh: kita sholat shubuh 30menit lebih cepat (sholat tepat waktu)

PP Muhammadiyah akan membahas perubahan waktu shalat Subuh dalam Musyawarah Nasional (Munas) Majelis Tarjih dan Tajdid di Malang 1-4 April 2010. "Kami akan bahas ulang waktu shalat Subuh. Selama ini, shalat Subuh di Indonesia memang terpagi dibandingkan di negara lainnya di dunia. Waktu shalat yang terlampau pagi ini dikhawatirkan menjadi salah satu faktor malasnya umat Islam menjalankan shalat Subuh itu," kata Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar seusai bertemu Gubernur Jatim Soekarwo di kantor gubernur, Selasa (23/3).
Menurut dia, adzan shalat Subuh di Indonesia dimulai ketika fajar atau matahari berada 20 derajat di bawah ufuk (titik dimana matahari mulai terlihat). Waktu ini dinilai terlalu pagi, jika dibandingkan dengan nagara lainnya.
"Semisal, di negara Maroko yang memiliki waktu Subuh pada saat matahari berada di titik 18 derajat di bawah ufuk. Begitu juga di Mesir, dimana waktu subuh dimulai saat matahari berada di titik 19,5 derajat di bawah ufuk," imbuhnya.
Sebenarnya waktu Subuh di Indonesia, lanjut dia, tidak menyalahi aturan. Sebab, sesuai hukum Islam waktu Subuh memang di antara 20 derajat sebelum ufuk hingga 0 derajat ufuk. "Tapi kalau waktu shalat Subuh lebih siang mungkin akan lebih banyak yang sholat," pungkasnya.



http://inilah.com/news/read/politik/2010/03/23/415992/muhammadiyah-bahas-perubahan-waktu-shalat-subuh/

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com