Friday, June 12, 2009

Hukum memelihara Anjing bagi Muslim (Pahala hilang 2 gunung per hari)

Sebagian dari kita tentu ada yang memelihara anjing, meskipun dia adalah seorang muslim. Anjing tersebut bukan untuk berburu namun untuk hobi atau memiliki kecintaan terhadap anjing. Melihat fenomena seperti ini maka MUI DKI Jakarta memfatwakan

  1. Memelihara anjing untuk berburu: memelihara kebun, ternak, menjaga rumah, melacak barang terlarang, dan sebagainya hukumnya adalah mubah. Meski demikian sedapat mungkin anjing tidak masuk ke dalam rumah. Dari shahabat Salim, dari ayahnya, ia berkata,”Suatu ketika malaikat jibril erjanji akan datang ke rumah nabi SAW. Akan tetapi pada waktu yang telah dijanjikan malaikat jibril tidak datang kerumash rasul SAW hingga beliau gelisah. Maka beliau keluar rumah , ternyata jibril ada di luar rumah. Sesudah bertemu, beliau bertanya,”kenapa malaikat jibril tidak masuk ke dalam rumah?” ma malaikat jibril menjawab,”sesungguhnya kami tidak masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat anjing atau gambar patung. 
  2. Memelihara untuk kesayangan hukumnya HARAM. Ini sesuai dengan hadits: ”Dalam riwayat Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda,”Barangsiapa memelihara anjing selain untuk berburu atau memelihara binatang, maka setiap hari pahalanya berkurang dua gunung” (Riyadus Sholihin)

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com