Tuesday, January 20, 2009

Jumlah Air Wudlu dan Mandi Junub, Do’a (Tirmidzi, Bukhori) Shoheh


Takaran air dalam berwudhu adalah satu mud Satu mud sama dengan 1 1/3 liter menurut ukuran orang Hijaz dan 2 liter menurut ukuran orang Irak. Adapun untuk mandi sebanyak satu sha’ sampai lima mud. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Anas, katanya, “Adalah Rasulullah ketika berwudhu dengan (takaran air sebanyak) satu mud dan mandi (dengan takaran sebanyak) satu sha’ sampai lima mud.” ) H.R. Muttafaq alaih. Dan makruh (dibenci) berlebih-lebihan, yaitu yang lebih dari tiga kali dalam berwudhu.
 
Doa Setelah Wudlu “Berkata Rasulullah, ‘Tidaklah salah seorang diantara kalian berwudhu dan meyempurnakan wudhunya, kemudian mengucapkan, ”asyhadu anlaa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rosuuluh” ‘Aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Allah semata; yang tidak ada sekutu baginya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya.’ Melainkan dibukakan untuknya delapan pintu syurga, ia dapat masuk dari mana saja yang ia kehendaki.’(H.R. Muslim).
Dan Tirmidzi menambahkan, (Alloohummaj’alni minat tawwabiina waj’alnii minl mutathohhiriin) “Ya Allah jadikan aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikan aku termasuk orang-orang yang suka mensucikan diri.”  

Jadi, doa setelah berwudlu:
”asyhadu anlaa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rosuuluh. Alloohummaj’alni minat tawwabiina waj’alnii minl mutathohhiriin”  

Doa sebelum Jimak/ junub
(Shohih riwayat Bukhari, Muslim): “Bismillaahi allahumma jannibnaasysyaithaan wa jannibisysyaithaana maa razaqta naa”
Artinya: ”dengan nama Allah. Ya Allah jauhkan kami dari syetan dan jauhkan syetan untuk mengganggu apa yang Engkau rizkikn kepada kami”

Baca Juga

  1. Pembatal Wudlu 
  2. Sentuhan Pembatal Wudlu 
  3. Tayamum dan Pembatal 
  4. Najis Pembatal Wudlu 
  5. Wudlu selepas Janabah 
  6. Wudlu Yang Sempurna 
  7. Hadas dan Mendahului Imam

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com