Wednesday, May 27, 2009

Keistimewaan Hari Jum’at, kiamat, doa mustajab,

1. Hari peleburan dosa dan kesalahan ”Barangsiapa mandi kemudian mendatangi Jumat, lalu shalat sunnah sedapatnya, kemudian berdiam hingga imam selesai dari khutbahnya lalu shalat bersamanya, maka ia akan diampuni segala kesalahannya antara Jumat tersebut dan Jumat sesudahnya dan di tambah tiga hari(HR.Muslim:Shohih)

2. Api Neraka dipadamkan pada hari Jumat Dari Aabu Qatadah, bahwa nabi SAW bersabda ”Sesungguhnya api neraka jahanam akan terus dinyalakan kecuali pada hari Jumat”

3. Ada saat-saat doa mustajab Abu Hurairah, Nabi SAW ”Sesungguhnya pada hari Jumat itu terdapt saat dimana tidak seorang muslimpun didapati sedang memohon kepada Allah kecuali Allah pastiakan mengabulkannya” Beliau melanjutkan, ”saat-saat itu begitu singkat”. Para ulama berpendapat saat itu adalah:

  • Usai shalat Ashar sampai terbenamnya matahari 
  • Ketika khatib duduk diantara dua khotbah
4. Pahala sedekah dilipatgandakan Dari Abu Hurirah, Nabi SAW bersabda,”Tiada pagi hari datang menyapa manusia kecuali akan turun dua malaikat, lalu salah satunya mengatakan,”ya Allah berilah ganti harta orang yang bersedekah”. Dan yang satunya mengatakan,”Ya Allah jadikanlah kerusakan pada harta orang yang enggan bersedekah”.(muttafaqalaih)

5. Kiamat terjadi pda hari Jum’at Abu Hurairah berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda,” sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah kiamat terjadi kecuali pada hari Jumat”. (HR. Muslim: Shohih)

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com