Saturday, October 24, 2009

Perkembangan Sosial anak 0 – 1 tahun

0-2 bulan 1. Siapapun yang membelai, memeluk, ataupun menggendongnya si kecil takakan keberatan asalkan nyaman. 2. Senyum merupakan reflek dari rangsangan, biasanya berupa sentuhan 3. Pengalaman pertama yang positif tentang hubungan dengan orang lain diperoleh saat menyusu. Karena memalui kulitlah ia mengenal adanya makhluk ”asing” selain dirinya. Sehingga kehangatan dan kelembutan payudara ibu sangat berarti baginya. 4. menangis adalah cara untuk mengungkapkan perasaan dan kebutuhan-kebutuhannya

2-3 bulan 1. mulai bisa membedakan antara manusia dengan benda lainnya. Ia memahami bahwa manusialah yang bisa memenuhi kebutuhannya. Hingga ia merasa puas bila bersama seseorang. Sebaliknya jika ditinggal sendirian ia merasa tidak nyaman. Namun diusia ini ia belum menunjukkan kecenderungan terhadap satu orang saja, melainkan masih menerima setiap orang. 2. mulai sudah bisa tersenyum pergaulan. Sejak itu ia muai suka tersenyum kepada seseorang yang mendekati atau menggodanya.

4-5 bulan 1. ia ingin digendong oleh siapa saja. Namun ia akan memberikan respon yang berbeda pada wajah-wajah tersenyum atau suara yang ramah dan yang marah 2.Jika bertemu dengan sesama bayi atau yang lebih besar dia akan berusaha menarik perhatian dengan melambungkan badan ke atas atau ke bawah, menendang-nendang, tertawa atau bermain ludah. 3. bisa tertawa tergelak selepas 4 bulan, apalagi jika kita menggodanya.

6-7 bulan 1. Mulai membedakan antara orang yang dikenal dan yang tidak. Ia akan tersenyum/tertawa jika bertemu dengan yang dikenal. Sebaliknya dia akan menjaga jarak dengan orang yang baru dikenalnya. 2. kadang ia menyembunyikan wajahnya jika bertemu orang asing 3. jika bertemu sesama bayi maka ia akan tersenyum dan memberi perhatian jika ada menangis 4. awal dari kelekatan dengan ibu atau orang yang mengasuhnya.

8-9 bulan 1. mulai mengagumi anak lain dan akan mencoba untuk menyentuh bayi lain yang duduk di sebelahnya. 2. bisa melambaikan tangan, bertepuk tangan, atau “memberi perintah” dengan cara mengulurkan tangan. 3. mencoba meniru-niru kata-kata, isyarat, dan gerakan sederhana dari orang lain

9-12 bulan 1. menunjukkan rasa ingin tahu terhadap pakaian atau rambut bayi lain, mencoba meniru tingkah laku dan dan bunyi yang dibuat bayi lain. Menunjukkan minat yang sama pada satu hal misalnya mainan. Bila salah satu merebutnya maka akan menangis 2. mengamati apa yang dikerjakan orang lain. Mengerti aturan yang diterapkan orang dewasa, misalnya “jangan” atau “nggak boleh”. 3. Melambaikan tangan untuk mengatakan selamat tinggal atau “DA DA” dan senang diberi ciuman 4. lebih mampu mengekspresikan perasaannya.

Silakan baca

  1. Tanda tanda kehamilan dan makanan yang dianjurkan 
  2. Agar anak tidak klayu 
  3. Panduan memijat bayi 
  4. Posisi menyusui yang baik

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com