Tuesday, July 28, 2009

Tanda-tanda orang hamil dan Makanan yang dianjurkan saat hamil

Kehamilan 4-6 minggu Payudara terasa nyeri danhormon mulai mempersiapkan payudara untuk menyusui. Pembesaran sudah mulai dan kadang terasa gatal, pembuluh darah lebih jelas dan berwarna kebiruan 8 minggu Anda merasa mual atau tidak enak pada waktu tertentu, merasa lelah dan ingin tidur lebih awal.
Tidak usah khawatir,
karena rasa lelah ini hanya untuk sementara dan stamina anda kembali normal seperti sedia kala.

10 minggu Ukuran rahim menjadi sebesar buah jeruk tetapi belum tampak pada tulang panggul anda. Payudara akan membesar dan memerlukan BRA/ BH lebih besar.

12 Minggu Anda akan merasa adanya tonjolan kecil pada tulang panggul. Ukuran rahim lebih besar, jika kehamilan ini pertama anda masih bisa memakai pakaian lama. Payudara sudah mulai mengeluarkan cairan encer yang disebut kolostrum. Puting susu lebih hitam, pigmentasi pada wajah, bawah perut dan sekitar alat kelamin mulai tampa.

14 Minggu - Perut agak menonjol , tetapi hal ini tidak selalu sama pada setiap wanita hamil. Jika anda sudah mengalami morning sicness pada usia ini maka gangguan tersebut agak berkurang. - muncul garis-garis putih di sekitar perut (strecth mark) akibat pembesaran perut.

16 Minggu - Saat plasenta sudah terbentuk dan rongga rahim sudah terisi cairan amniom. Pada usia ini anda sebaiknya mengenakan pakaian hamil

18 Minggu Keluar keringat agak berlebihan dan wajah akan memerah. Hal ini disebabkan oleh aliran darah yang berlebihan untuk kebutuhan bayi anda.

20 Minggu Inilah saat yang paling menggembirakan. Anda bisa merasakan gerakan si kecil di dalam rahim anda.

22 Minggu Fundus (bagian dalam rahim) akan menonjol sejajar dengan pusar anda

24 Minggu Berat badan sudah meningkat, demikian pula kerja jantung (meningkat 40%), sehingga anda sudah merasakan tekanan-tekanan tertentu.

26 Minggu Bayi akan menekan kandung kemih akibatnya anda akan sering ke kamar kecil.

28 Minggu Mungkin kolostrum sudah keluar, tetapi jangan khawatir ini merupakan hal lumrah . berat badan anda semakin meningkat.

30 Minggu Tubuh anda sudah terbebani dan mungkin anda akan mudah kehabisan nafas saat menaiki tangga.

32 Minggu Tekanan dalam rahim ke arah diafragma, mungkin hal ini akan menimbulkan rasa terbakar pada ulu hati anda. Cobalah makan dengan porsi kecil dan angkat kedua lengan setinggi kepala untuk memperluas ruang.

34 Minggu Anda merasa tidak nyaman pada usia kehamilan ini, hal ini terjadi karena kepala bayi menyentuh tulang ga, kandung kemih, atau bergerak kesana-kemari.

36 minggu Pertumbuhan bayi di dalam rahim, menyebabkan nafsu makan anda berkurang. Besarnya rahim akan menekan lambung sehingga anda hanya ingin makan sedikit.

38 Minggu Jika bayi cegukan, anda mungkin bisa merasakannya karena posisi bayi sudah menetap. Anda akan merasa tendangan kaki atau tangannya. Tubuh ibu sudah siap menjalani proses persalinan, misalnya leher rahim (serviks) menjadi lebih lunak dan kontraksi lebih lunak dan lebih jelas.

40 Minggu Hari H sudah mapir tiba, perasaan anda sudah campur aduk antara cemas dan bahagia. Anda harus ingat bahwa 2/3 bayi dilahirkan lewat waktu yang diperhitungkan sebelumnya. Jadi anda tidak perlu khawatir jika sudah lewat waktu itu anda belum melahirkan. Dokter akan melakukan tindakan semestinya, misalnya cesar/induksi.

Makanan yang dianjurkan saat hamil

  1. sesudah hamil bulan, makan nanas 150 gram untuk mencegah timbulnya radang dan infeksi, serta mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Sesudah melahirkan bisa minum jamu untuk melancarkan ASI dan mengurangi bau yang kurang sedap. 
  2. Gizi saat kehamilan - 1 gelas susu sapi - ikan laut 200 gram - 1 gelas sari wortel - 1 gelas air kacang hijau 
Artikel terkait:
  1. Posisi Menyusui yang Baik 
  2. Merawat Pusar Bayi 
  3. Memijat Bayi 
  4. Teknik Mengejan bagi ibu Hamil 
  5. Anak Susuan Menyebabkan haram untuk dinikahi 
  6. Hubungan Sex saat Haid/mens

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com