Wednesday, July 22, 2009

Islam Mengharamkan Patung (paling berat siksanya, pemahat dan Rumah yang tidak dimasuki malaikat)

Syariat Islam memang sangat lengkap dan teliti. Inilah salah satu bukti bahwa Islam adalah benar-benar agama yang benar karena mengatur seluruh sisi kehidupan manusia. Termasuk dalam hal patung. Islam mengharamkan dalam rumah tangga Islam meliputi masalah patung. Sebab adanya patung dalam suatu rumah menyebabkan Malaikat akan jauh dari rumah itu, padahal Malaikat adalah pembawa rahmat dan keridhaan Allah untuk isi rumah tersebut.
Dalam hal ini Rasulullah s.a.w. pernah bersabda: "Sesungguhnya Malaikat tidak akan masuk suatu rumah yang di dalamnya ada patung." (Riwayat Bukhari dan Muslim). Ulama-ulama berkata: Malaikat tidak mau masuk rumah yang ada patungnya, karena pemiliknya itu menyerupai orang kafir, dimana mereka biasa meletakkan patung dalam rumah-rumah mereka untuk diagungkan. Untuk itulah Malaikat tidak suka dan mereka tidak mau masuk bahkan menjauh dari rumah tersebut. Oleh karenanya, Islam melarang keras seorang muslim bekerja sebagai tukang pemahat patung, sekalipun dia membuat patung itu untuk orang lain.
Sabda Rasulullah s.a.w.: ”Sesungguhnya orang yang paling berat siksaannya nanti di hari kiamat, yaitu orang-orang yang menggambar gambar-gambar ini. Dalam satu riwayat dikatakan: Orang-orang yang menandingi ciptaan Allah." (Riwayat Bukhari dan Muslim) Dan Rasulullah s.a.w. memberitahukan juga dengan sabdanya: "Barangsiapa membuat gambar (patung) nanti di hari kiamat dia akan dipaksa untuk meniupkan roh padanya; padahal dia selamanya tidak akan boleh meniupkan roh itu." (Riwayat Bukhari)
Maksud daripada hadis ini, bahwa dia akan dituntut untuk menghidupkan patung tersebut. Perintah ini sebenarnya hanya suatu penghinaan dan mematahkan, sebab dia tidak mungkin dapat.

(Diolah dari Buku ”Halal dan Haram dalam Islam”, Dr. Yusuf Al-Qardhawi

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com